Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kota Dengan Nama Terpanjang Di Inggris


Berawal dari nama Llanfairpwll, orang-orang telah tinggal di Llanfairpwll sejak periode Neolitikum (4.000-2.000 SM). Pertanian adalah andalan ekonomi pada waktu itu, dan sampai abad ini sebagian besar petani adalah penyewa perkebunan besar. Pada tahun 1844, misalnya, 92% tanah di Llanfairpwll hanya dimiliki oleh 3 orang.

Selama berabad-abad, Llanfairpwll adalah pemukiman kecil di pedesaan. Pada 1563 hanya ada 80 orang yang tinggal di sini, di 16 rumah. Namun, pada 1801, ada 385 penduduk dan 83 rumah, sebagian besar di desa tua (Pentre Uchaf, Upper Village).

Perubahan besar terjadi pada tahun 1800-an berupa pembangunan baru sebuah jalan bernama Thomas Telford pada tahun 1820-an dan pembangunan penyeberangan kereta api di Jembatan Britannia pada awal tahun 1850-an, yang mengarah pada pengembangan bagian baru desa. (Pentre Isaf, Lower Village) di sekitar stasiun kereta api. Akibatnya, sejumlah pengrajin, pedagang, dan pemilik toko pindah ke desa, dan Llanfairpwll menjadi pusat komersial yang penting, melayani daerah pertanian di sekitar Llanedwen dan Penmynydd.

Dari perkembangan itu kemudian berlanjut dibangunnya Kantor Pos, dua sekolah, pub, tempat pembuatan bir, hotel untuk pengunjung, dan (pada 1889) hadirnya kurang lebih 12 pedagang di desa, yang sekarang memiliki populasi 961. Sekitar 1894 pasar hewan ternak mulai dibuka, dan di pelabuhan terdekat Pwllfanogl, sebuah pabrik batu sabak dibuka.

Lalu, pada tahun 1850-1914 merupakan masa keemasan dalam perekonomian desa. Llanfairpwll adalah salah satu dari paroki (bagian wilayah) di Anglesey yang mengalami peningkatan populasi. Namun, periode setelah 1918 adalah masa yang sulit.

Ketika tentara pulang dari Perang Dunia I, emigrasi dan pengangguran adalah masalah besar yang dihadapi mereka. Ada penurunan populasi, dan tidak ada peningkatan terjadi lagi sampai tahun 1951.

Pada 1960-an dan 1970-an desa "baru" mulai muncul. Ada bangunan luas di berbagai situs, dan populasinya meledak dari 1.172 pada tahun 1961, menjadi 3.101 pada 1991. Llanfairpwll masih mempertahankan atmosfer desanya, meskipun ada lebih banyak orang yang tinggal di sana daripada di kota lain di Wales.

Kok namanya bisa panjang sih?


Awalnya bernama Llanfair Pwllgwyngyll, yang berarti 'Gereja Mary di sebelah kolam dekat Pohon Hazel' (The Mary Church by the pool near the White Hazels) , desa ini berganti nama pada abad ke-19. Lalu alasan bisa menjadi panjang, pada sekitar waktu ketika kereta dibangun antara Chester dan Holyhead pada awal tahun 1850-an. Sebuah komite lokal disatukan untuk mencoba dan mendorong kereta, pelancong dan turis abad ke-19 untuk berhenti di desa untuk membantu mengembangkan desa sebagai pusat komersial dan wisata.

Diyakini bahwa nama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch ditemukan oleh tukang perbaikan sepatu dari Menai Bridge. Dia tidak tahu bahwa dia telah menerapkan salah satu rencana pemasaran wisata paling sukses sepanjang masa. Saat ini desa ini ditandai sebagai Llanfairpwllgwyngyll dan dikenal oleh penduduk setempat sebagai Llanfairpwll atau Llanfair. P.G.

Suku-Kata

LLAN - FAIR - PWLL - GWYN - GYLL - GO - GER - YCH - WYRN - DROB - WLL - LLAN - TY - SILIO - GO - GO – GOCH
“Saint Mary's Church in the hollow of the white hazel near a rapid whirlpool and the Church of St. Tysilio of the red cave”
Arti : “Gereja Saint Mary di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air cepat dan Gereja St Tysilio dari gua merah”

Disunting dan diterjemahkan dari :
Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch.co.uk

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet