Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Hal Memang Perlu Kita Biarkan Begitu Saja!


"ih, mukanya jerawatan"
"kurus banget sih, gak pernah makan apa?"
"cowok kalo gak ngerokok tuh gak keren"
"pengangguran, miskin, lemah iman. Mau jadi copet lu?

Yaudah iya, gapapa.


Kalian pasti pernah mendengar omongan dari orang lain yang terasa begitu menyakitkan. Bukan hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Seperti halnya ketika kita memposting foto, mungkin ada saja komentar sampah dari orang lain.

Beberapa dari kita mungkin akan merasa insecure atau overthinking berhari-hari hanya karena omongan sampah tersebut. Solusi terbaik adalah membiarkan omongan-omongan itu berlalu begitu saja.

Kita perlu sadar bahwa ada beberapa hal yang berada di luar kendali kita, salah satunya adalah perkataan dan sikap orang lain.

Kita tidak perlu menghabiskan energi hanya untuk memikirkan apa yang memang tidak bisa kita kendalikan. Terkadang rasa khawatir terhadap hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, justru akan menjadi penghalang aktivitas.

Coba deh fokuskan pikiran dan energi untuk hal-hal yang bisa kita kendalikan. Dan saat kita sudah melakukan semua yang terbaik di dalam kendali kita, maka itu sudah cukup.

"Kamu memiliki kendali atas pikiranmu, bukan kejadian-kejadian di luar sana. Sadari ini, dan kamu akan menemukan kekuatan" -Marcus Aurelius

Referensi dari buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet