Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan PS5 dengan PS4, Penyimpanan Sudah Pakai SSD


Sony sebagai pengembang gim konsol PlayStation (PS) telah mengumumkan wujud dari seri terbarunya, yaitu PlayStation 5 (PS 5) pada Jumat (12/6/2020) lalu.

Kehadiran PS5 ini telah ditunggu-tunggu oleh pecinta gim konsol sejak pertama diumumkan pada pertengahan Maret lalu.

Adapun, sejumlah peningkatan atau upgrade diberikan pada PS 5 untuk melampaui generasi sebelumnya yaitu PS 4.

Dilansir dari artikel Kompas.com berjudul "Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4, Sejauh Apa Peningkatannya?", Peningkatan ini tercatat dari segi hardware yang lebih bertenaga, kecepatan waktu loading, dan mampu melahap resolusi gambar dengan lebih tinggi.

Berikut adalah perbandingan konsol Playstation PS 4 dibandingkan dengan versi penerusnya yaitu PS 5.

PS 5 ditenagai dengan dapur pacu 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GH.

Dapur pacu milik PS5 ini lebih tinggi daripada milik PS4 yang hanya ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz.

Dari segi kapasitas RAM (Random Access Memory), PS 5 memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibandingakn dengan seri terdulunya, yakni 16GB.

Penggunaan GPU AMD yang memiliki 36 Compute Units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops membuat kemampuan olah grafis di PS5 mendapatkan peningkatan besar.

Pada seri PS4, kemampuan olah grafis yang dimiliki hanya dilengkapi dengan GPU PS4 dengan 18 CU dan daya komputasi 1,84 Teraflops.

Dari segi penyimpanan internal yang dimiliki, PS5 juga telah menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4.

Penggunaan SSD ini membuat waktu loading game bisa dipersingkat.

Lead System Architect of PlayStation 5 Mark Cerny mengklaim bahwa, berkat SSD, PS5 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game. Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

Prediksi harga

Hingga artikel ini ditulis, Sony sebagai pengembang PS5 masih belum merilis harga dari seri konsol terbarunya ini.

Berikut prediksi harga PS5, tanpa menghitung kapasitas penyimpanannya.

harga PS5 sendiri diprediksi bakal lebih mahal ketimbang pendahulunya.

Sebab, biaya untuk memproduksi satu unit PS5, menurut sejumlah rumor, adalah 450 dolar AS (Rp 6,4 juta). Diketahui, PS4 sendiri dibanderol dengan harga peluncuran 400 dolar AS (Rp 5,6 juta), dengan biaya produksi berkisar di angka 381 dolar AS menurut firma analisis IHS Markit.

Sehingga, ada kemungkinan harga PS5 bakal lebih tinggi dari biaya produksinya yang sudah disebutkan tadi, meski masih berupa rumor. Untuk game sendiri, CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan sempat mengatakan bahwa game PS5 bakal menguras biaya, waktu, dan tenaga untuk dibuat.

Hal tersebut merupakan efek samping dari teknologi visual mumpuni yang membekali aneka game yang bisa dimainkan di konsol tersebut, salah satunya Unreal Engine 5 besutan Epic Games.

Dengan kata lain, harga game PS5 bisa jadi juga bakal lebih mahal ketimbang game PS4, meski belum ada informasi berapa kisaran harganya.

Kendati banyak ketidakjelasan, satu hal yang pasti bahwa Sony hingga saat ini masih malu-malu untuk menguak bocoran harga PS5 beserta sejumlah game yang menyertainya.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet