Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Sering Makan Mie Instan yang Masih Mentah? Waspadai 8 Bahaya yang Mengintai!


Mi instan adalah makanan andalan bagi semua kalangan usia. Bahaya mie instan harus diwaspadai bagi setiap orang. Mie instan banyak dikonsumsi karena cara membuatnya yang mudah dan simpel. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan menambahkan bumbunya dan merebus mienya. Tetapi pada sebagian orang tidak sabar menunggu dan memilih untuk mengonsumsinya mentah-mentah. 

Bahaya mie instan telah diperingatkan dalam kemasan yang diharuskan untuk merebus mie dahulu sebelum dikonsumsi. Terdapat zat-zat yang terkandung di dalam mie lebih baik direbus dulu agar aman dikonsumsi. Walaupun mie mentah rasanya enak, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Berikut bahaya mengonsumsi mie instan mentah. 

1. Diabetes 

Mengonsumsi mie instan setiap hari akan mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Mie instan masuk dalam tinggi kalori. Hal tersebut membuat asupan kalori dalam tubuh jadi berlebihan. Jika dikonsumsi terus menerus tanpa direbus dahulu, akan memicu penyakit diabetes. 

2. Tekanan Darah Tinggi 

Kandungan garam yang tinggi dalam mie instan menjadi salah satu bahaya mengonsumsi mie instan mentah. Hal ini bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain garam, ada juga kandungan lemak dan minyak yang membentuk gumpalan darah yang bisa menghambat aliran darah. 

3. Obesitas 

Mie instan mentah juga dapat menyebabkan  berat badan naik. Karena kandungan kalori pada mie instan dapat menimbulkan penumpukan lemak di tubuh. Mengonsumsi mie instan terlalu sering akan memicu kenaikan berat badan. Apalagi jika sering mengonsumsinya saat malam hari, hal ini akan memicu obesitas lebih tinggi. 

4. Usus Terluka 

Mie instan memiliki tekstur yang keras dan memiliki kandungan garam serta pengawet. Jika sering mengonsumsi mie instan mentah dapat membuat dinding usus luka dan teriritasi yang membuat kinerja usus menurun. 

5. Kanker 

Mengonsumsi mie instan setiap hari dapat memicu kanker. Hal ini terjadi karena kandungan bahan pengawet bisa menjadi racun di dalam tubuh, apalagi jika tidak melalui tahap direbus. Bahan pengawet dalam mie instan bisa membuat sel-sel baik menjadi sel-sel abnormal yang dapat menyebabkan kanker. 

6. Sakit Tenggorokan 

Konsumsi mie instan mentah dapat memicu sakit tenggorokan. Hal ini karena zat MSG dan pengawet dapat melekat pada kerongkongan yang dapat memicu gatal, serak, dan batuk. 

7. Gangguan Otak 

Hal ini masih menjadi perdebatan pakar kesehatan, mengonsumsi MSG atau micin berlebihan dipercaya bisa menyebabkan gangguan pada saraf dan fungsi otak. Hal ini bisa mempengaruhi kemampuan berpikir, kecerdasan, dan suasana hati. 

8. Kolesterol Tinggi 

Mengonsumsi mie instan rebus atau mentah sebanyak 3 mangkok setiap hari dapat menyebabkan peningkatan kolesterol. Kondisi ini bisa memicu stroke ringan. Jadi kurangi lah asupan mie instan baik direbus atau mentah. 

Itulah 8 bahaya mengonsumsi mie instan mentah. Sepatutnya kita harus lebih bijak dalam memilih dan memilah apa yang kita makan agar asupan yang kita makan menjadikan tubuh sehat bukanlah penyakit. 

Sumber: 
Nabila Farah. 2020. Sering Makan Mi Instan Mentah? Waspada 8 Bahaya yang Mengintai.
https://health,detik,com/berita-detikhealth/d-5282353/sering-makan-mi-instan-mentah-waspadai-8-bahaya-yang-mengintai/. Diakses pada 6 Desember 2020

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet