Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Terjadi Jika Kita Menembak Diluar Angkasa?


Ruang angkasa pada dasarnya adalah ruang hampa udara tanpa udara, banyak orang yang berasumsi bahwa senjata api tidak akan menembak saat berada di ruang hampa. Tapi justru sebaliknya – bubuk mesiu yang terkandung didalamnya mengandung pengoksidasi sendiri yang memungkinkan senjata untuk menembak di lingkungan tanpa udara, seperti di bawah air, dan mungkin bahkan di luar angkasa

Bagaimana keadaan peluru?

Peluru pastinya akan lebih akurat mencapai target karena tidak adanya hambatan angin dan udara (kecepatan peluru akan sama antara di bumi dan ruang hampa).

Suara tembakan tidak akan terdengar karena tidak ada udara bagi gelombang suara untuk melakukan perjalanan. Selain itu, asap yang meninggalkan laras senjata akan menyatu menjadi bola di ujung laras.

Jika melesat dari target, peluru akan tetap melesat tanpa henti dengan kecepatan yang sama mengarungi ruang dan waktu karena tidak ada gravitasi yang dapat menghentikannya. Dan peluru akan berhenti saat menabrak sesuatu seperti asteroid atau planet.

Berbeda dengan penembak yang akan melesat ke arah sebaliknya, terpental atau bahkan jungkir balik ke belakang ke ruang hampa. 

Dalam proses penembakan ini akan diberlakukan hukum ke 3 Newton yakni :
"Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama tapi arahnya berlawanan."

Referensi: 
Kafekepo.com. 2020. Inilah yang Terjadi jika Menembakkan Pistol di Luar Angkasa. (Di akses pada 1 Oktober 2020)

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet