Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang Akan Terjadi Jika Bumi Gundul?


Indonesia sebagai salah satu 'Megadiversity Country' memiliki luas area hutan sekitar 125,9 juta hektare (ha) atau 63,7% dari luas daratan Indonesia. Namun, menurut 'Forest Watch Indonesian' 1,47 juta hektar hutan di Indonesia hilang tiap tahunnya. Ini artinya, kerusakan hutan di Indonesia masih dalam angka yang tinggi. Data di atas merupakan salah satu contoh bahwa bumi memiliki masalah serius dengan berkurangnya luas hutan. 

Nah, apa jadinya jika semua pohon di dunia dibabat habis?  Berikut jawabannya.

Polusi Udara.
Seperti yang kita ketahui, pohon merupakan salah satu penyumbang oksigen yang ada di bumi saat ini. Pohon menghasilkan 35% oksigen di bumi dan sisanya berasal dari alga dan fitoplankton. Jika semua pohon di bumi habis, kualitas udara akan menurun karena tidak adanya penyerap karbon dioksida yang merupakan ancaman besar bagi pernafasan manusia. Saat ini, mungkin kita belum merasakan dampaknya, tetapi dalam jangka panjang, barulah kita sadar betapa pentingnya pepohonan bagi kehidupan kita. 

Pemanasan Global.
Perubahan iklim secara drastis akan kita rasakan. Meningkatnya suhu pada siang hari dan malam hari. Mencairnya es di Kutub Utara secara besar-besaran akan meningkatkan debit air dan tentu saja akan mengakibatkan masalah, seperti pulau-pulau di bumi akan tenggelam dengan seiring waktu. Serta berkurangnya kualitas air tanah yang tercampur oleh polutan, dapat mengakibatkan hujan asam. 

Banjir dan Erosi.
Akar pohon berfungsi untuk menyerap air ke dalam tanah, sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir saat hujan turun. Sekitar 60-80 air dapat diserap oleh hutan, dan di sinilah dapat diperoleh cadangan air. Pohon juga dapat menahan gaya angin penyebab badai. Jika tidak ada pohon, badai angin akan mudah terbentuk. 

Kepunahan Massal Flora dan Fauna di Bumi.
Hutan merupakan habitat alami bagi sebagian besar spesies hewan. Hutan merupakan rumah mereka. Jika mereka tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang panas, mereka akan binasa. Hewan-hewan juga akan kehilangan sumber makanannya. Bukan hanya hewan saja yang terdampak, flora juga akan mengalami kepunahan massal diakibatkan habitatnya yang hilang. Dengan begitu, sistem rantai makanan yang sudah ada akan rusak.

Masalah Persediaan Makanan dan Air.
Dunia akan dilanda kelaparan karena kekeringan yang ekstrem. Menurut seorang pakar bernama David Ellison, berkurangnya pepohonan akan menyebabkan menurunnya curah hujan. Persediaan air bersih akan habis karena tidak adanya cadangan air dalam tanah ditambah dengan hujan yang tak kunjung turun. Karena itu, kematian akan tiba karena kelaparan dan kehausan. 

Kawan-kawan, sadarkah kalian dengan semua ini? Apakah kita harus ikut merasa bersalah? Manusia-manusia hanya memandang pohon sebagai benda yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka. Kerakusan dan keegoisan mereka menyebabkan pohon-pohon di hutan berkurang setiap harinya. 

Mereka membunuh pohon tanpa menghidupkannya kembali. Mereka bisa menebang, tetapi tidak mau menanam. Pernahkah kalian merasa dunia ini semakin panas seiring berjalannya waktu? Ya, itu adalah salah satu efek dari pemanasan global yang terjadi saat ini.

Kawan-kawan, sadarkah kalian dengan semua ini? Apakah kita harus ikut merasa bersalah? Manusia-manusia hanya memandang pohon sebagai benda yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka. 

Kerakusan dan keegoisan mereka menyebabkan pohon-pohon di hutan berkurang setiap harinya. Mereka membunuh pohon tanpa menghidupkannya kembali. Mereka bisa menebang, tetapi tidak mau menanam. 

Pernahkah kalian merasa dunia ini semakin panas seiring berjalannya waktu? Ya, itu adalah salah satu efek dari pemanasan global yang sedang terjadi saat ini.

Oleh karena itu, marilah kita jaga dan rawat pohon-pohon yang ada di sekitar kita. Perlakukan mereka dengan layak. Jangan merusak bagian-bagian dari tubuh mereka. Jika kita mampu, mulailah melakukan penghijauan di wilayah rumah kita yang masih bisa ditanami tanaman. 

Sekian penjelasan dari saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya ucapkan, terima kasih.

Referensi 
[1] Zakiah, Nena. 2019. Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi Jika Semua Pohon di Bumi Menghilang. Diakses dari https://www,idntimes,com/science/discovery/nena-zakiah-1/yang-terjadi-jika-pohon-tidak-ada-lagi-di-bumi. Diakses pada 9 Desember 2020. 

[2] Jasir, Thomi. 2020. Apa yang Terjadi Jika Tidak Ada Pohon Di Bumi? Diakses dari https://www,bicara,co,id/thomijasir/apa-yang-terjadi-jika-tidak-ada-pohon-di-bumi/. Diakses pada 9 Desember 2020. 

[3] Analisadaily. 2018. Dampak Bumi Tanpa Pohon Bagi Kehidupan. Diakses dari https://analisadaily,com/berita/arsip/2018/7/2/578820/dampak-bumi-tanpa-pohon-bagi-kehidupan/. Diakses pada 9 Desember 2020. 

[4] Nuwer, Rachel. 2019. Apa yang Akan Terjadi Jika Semua Pohon Di Bumi Menghilang? Diakses dari  https://www,bbc,com/indonesia/vert-fut-49835450,amp#aoh=16075010827675&referrer=https%3A%2F%2Fwww,google,com&amp_tf=Dari%20%251%24s. Diakses pada 9 Desember 2020

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet