Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Flourish of Approval, Tanda Paraf yang Kita Lihat di Kertas Ujian


Pastinya kamu tidak asing dengan kata paraf? Ya, hampir setiap guru di Indonesia menggunakan tanda yang sering di sebut dengan ponten itu di buku tugas atau ulangan muridnya.

Tapi, apa kalian tau asal-usul paraf berbentuk pita yang digunakan guru dari generasi ke generasi?
Nah, Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang hal tersebut.

Flourish of Approval

Ternyata lambang atau paraf yang sering digunakan guru itu bernama Flourish of Approval atau krul (pita persetujuan). ialan sebuah simbol asal Belanda yang digunakan untuk menilai tugas sekolah atau untuk menunjukan seseorang telah melihat dan menyetujui sebuah paragraf atau soal.

Krul diperkirakan muncul pertama kali pada abad ke-19 berdampingan dengan meningkatnya birokrasi di Belanda. Para ahli sejarah percaya bahwa tanda ini mewakili huruf ‘g’ yang berasal dari goed berarti bagus atau gezien yang berarti telah dilihat.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata simbol ini juga ditemui dan digunakan pada negara-negara bekas koloni Belanda seperti Indonesia, Afrika Selatan, dan Suriname. selain itu simbol ini jarang digunakan diluar belanda.

Tetapi ada sebuah simbol unicode pada bahasa Jerman yang mirip dengan simbol krul yaitu Pfennig (₰), Simbol ini terdapat pada uang logam Jerman sejak abad ke-9 hingga digantikan oleh Euro pada awal 1999.

Source:
www.solopos.com/asal-usul-paraf-guru-919166

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet