Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Tekstur Rambut Yang Berubah, Ini Penjelasannya!


(Berhubung banyak yang tanya dipending post soal masalah rambut, terutama rambut kriting nih ya gua bikin post aja biar kalian sekalian bisa sharing pengalaman)

Q : "Gan, rambut saya keriting dan kering. Gimana ya cara ngelurusinnya?"
J : "Ya di Rebonding atau smoothing"

Q : "Kalo secara alami ada apa enggak? Atau cara ngerawatnya?"
J : "Gak ada kalo cara ngelurusin secara alami, tapi ada treatment agar tidak terlalu keriting"

Penjelasan:
Rambut keriting itu tidak bisa diluruskan permanen, apalagi secara alami, kalo misalkan mau diluruskanpun ya pake cara Rebonding atau Smoothing, tapi dengan resiko rambut rusak dan kering.

Namun treatmen untuk setidaknya membuat rambut tidak terlalu ikal itu banyak, karna rambut ikal itu bentuknya seperti itu jadi supply Thyroid dari akar sampai ujung rambut itu akan susah, ini yang menyebabkan rambut ikal cenderung kering. Berbeda dengan yang rambut lurus.

Bisa baca disini
https://www.quora.com/How-do-I-straighten-curly-hair-naturally

Q : "Lah kalo gua malah dulu lurus, sekarang kriting bang?"
J : "Baca aja nih di bawah"

Penjelasan: 
Kalo ini gua juga dulu lurus sekarang ikal, Ada beberapa faktor tentang itu.

1. Gen
Jika genmu memang keriting, basic rambutmu juga bakal terus keriting, sebaliknya juga. tapi banyak efek yang bisa mempengaruhi pada masa pertumbuhan rambut.

Rambut tersusun dari Protein yang disebut Keratin, dan terbentuk dari Asam amino. Jadi, berdasarkan ikatan asam amino pada rambutlah yang akan mempengaruhi pertumbuhan/bentuk rambut selanjutnya. Jika folikel rambut tebal dan padat, maka asam amino tertentu yang disebut Cysteines cenderung tidak tersusun secara berdekatan dan rapat, ini menjadikan rambut akan tumbuh menjadi lurus. Dan jika folikel rambut itu tipis dan rata, Cyeteines cenderung akan tersusun dengan rapat dan berdekatan, sehingga pertumbuhannya akan membentuk rambut ikal.

2. Hormon
Masa masa dimana perubahan Hormon yang signifikan seperti Pubertas, Melahirkan, dan Monopause sangat berpengaruh pada tubuh manusia seperti Kulit, berat badan, rambut dan lainnya.

Setidaknya ada 3 hormon yang berpengaruh untuk pertumbuhan / pembentukan rambut. 
  • Thyroxine dan Triiodothyronine adalah Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar Thyroid. Menurut penelitian, perubahan tekstur dan volume rambut disebabkan oleh Thyroid Abnormalities seperti Hypothyroidism dan Hyperthyroidsm. Hypothyroidism adalah kondisi dimana kurang cukupnya hormon Thyroid yang akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh, sedangkan Hyperthyroidism adalah kondisi dimana rambut kelebihan hormon Thyroid dan akan menyebabkan rambut menjadi tipis, rapuh, dan berminyak. 
  • Andogen atau Androgini (iya hormon sex pada cowok itu), pada saat pubertas hormon ini mempengaruhi pria dan wanita. Hormon ini juga berperan untuk pembentukan rambut dan kebotakan pada pria, dan perubahan bentuk atau tekstur rambut pada wanita dari lurus ke keriting (kebanyakan).
  • Insulin adalah hormon pengatur gula pada tubuh, tapi para peneliti percaya bahwa ada hubungan erat antara Insulin resistence dan Androgenic alopacea dan kebotakan. 

3. Obat yang over pemakaian atau tidak cocok. 
Penggunaan obat / minyak rambut yang tidak cocok juga akan mempengaruhi bentuk dan pembentukan rambut, contohnya Pomade. Pomade jenis Wax adalah pomade ekstrim yang terbuat dari cairan lilin dan bahan lain, jika diaplikasikan over ke rambut akibatnya adalah rambut akan kekurangan "nafas" dan menyebabkan kerontokan dan kering. Dan banyak lagi akibatnya jika salah obat atau minyak rambut.


Jadi pada intinya rambut lurus atau kriting itu punya keunikan masing masing, kalo kita mau merubah bentuknya ya silahkan tapi tentu ada resiko akan hal itu. Yang terpenting adalah kesehatan rambutnya yah, bukan bentuknya.

Btw, mana nih bentuk Rambutmu berdasarkan gambar diatas?

Referensi :https://youtu.be/6kxM9kh-6sA

Sc : https://www.scienceworld.ca/stories/can-hair-change-straight-curly/

📷 : https://andrewalkerhair.com/
📷 : Foto pribadi

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet