Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fakta Kuatnya Angkatan Laut Amerika (US Navy)


Yo kembali lagi dengan saya untuk membahas seputar pertahanan militer di seluruh dunia.. kali ini kita akan membahas mengenai Angkatan Laut.. apa itu angkatan laut atau dalam bahasa inggrisnya disebut Navy? langsung saja kita bahas

Angkatan Laut merupakan bagian dari angkatan bersenjata sebuah negara yang digunakan untuk peperangan di atas perairan, termasuk pendaratan pasukan amfibi marinir.

Operasi yang dilakukan Angkatan Laut dilaksanakan menggunakan kapal perang, kapal amfibi, dan kapal selam serta serangan udara. Salah satu negara yang memiliki angkatan laut paling kuat siapa lagi kalau bukan Amerika Serikat, kira-kira apa yang membuat angkatan laut AS / US Navy sangat kuat? berikut faktanya:

1. Mengoperasikan 11 Kapal Induk Nuklir
Angkatan laut AS sekarang mengoperasikan 11 kapal induk bertenaga nuklir untuk memproyeksikan kekuatanya. Kapal induk itu adalah 10 kapal kelas Nimitz dan 1 kelas Gerarld R. Ford. setiap kapal induk bisa mengangkut 70 sampai 80 pesawat.

Dengan jumlah seperti itu, satu kapal induk nuklir amerika bisa melebihi kekuatan angkatan militer beberapa negara sekaligus. Belum lagi kapal induk di kerahkan dalam Carrier Battle Group yang berisikan kapal-kapal perang pendamping seperti Destroyer, Cruiser, dan Kapal selam yang siap melindungi kapal induk dari ancaman serangan udara, laut, dan bawah air.

2. Serangan Amfibi Yang Mematikan
Angkatan laut AS juga memiliki kemampuan serangan amfibi yang signifikan. juga disebut sebagai “gator navy” dengan mengoperasikan 8-9 kapal serang amfibi kelas Wasp dan kelas America. Masing-masing kapal perang ini membawa 1700 sampai 2000 orang marinir, serta kendaraan lapis baja, yang akan diantarkan ke daratan menggunakan pesawat tiltrotot, helikopter dan hovercraft.

Bahkan kapal serbu amfibi US navy lebih besar dari kebanyakan kapal induk milik negara lain. Selain itu ada juga kapal transportasi amfibi kelas berat San antonio class yang berjumlah 11 unit. Korps Marinir AS memiliki lebih dari 180.000 personel dan kemampuan pesawat terbang mereka sendiri, meskipun layanan ini tidak terkait langsung dengan Angkatan Laut AS.

3. Puluhan Kapal Perang Dengan Persenjataan Lengkap
Setidaknya ada 22 kapal jelajah rudal kelas Ticonderaga (Cruiser) yang aktif dalam angkatan laut AS saat ini, dan merupakan kapal perang pertama yang di lengkapi dengan sistem AEGIS pencegat rudal ballistik jarak pendek sampai menengah. Kapal-kapal jelajah ini dirancang untuk melindungi Carrier Battle Groub dari ancaman rudal.

US NAVY juga memiliki 3 kapal destroyer kelas Zumwalt yang sangat canggih dan memiliki fitur siluman. Ini merupakan kapal perusak terbesar yang pernah dibangun. Sebenarnya dalam hal ukuran dan persenjataan, kapal kelas Zumwalt lebih mendekati kapal penjelajah daripada perusak. Kapal ini di fokuskan sebagai kapal serang darat, tapi juga bisa untuk peran anti pesawat. Selain itu juga ada 64 kapal Destroyer kelas Arleight Burke yang memiliki persenjataan lengkap dan sistem canggih.

Tidak ada Fregat yang beroperasi dengan angkatan laut AS. Alih-alih digantikan oleh Litorral Combat Ship (LCS) kelas Freedom dan Independence.

4. Monster Bawah Laut
Untuk bagian bawah laut, US Navy memiliki 3 kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Seawolf, yang di gadang-gadang sebagai kapal selam tercanggih dan tersenyap di dunia. Selain itu juga ada 18 kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Virginia dan 35 kapal selam kelas Los Angeles yang sudah tua. Semua kapal selam US Navy bertenaga nuklir juga biasa disebut Nuclear Powered Attack Submarine (SSN)

Ada juga total 14 kapal selam rudal ballistik kelas Ohio, yaitu kapal selam yang membawa rudal ballistik berhulu ledak nuklir. kapal selam ini biasanya berpatroli disekitar perairan Amerika dan bisa juga berada di perairan terpencil dunia, bersembunyi menunggu perintah peluncuran nuklir yang menargetkan area vital lawan.

5. Ribuan Pesawat Tempur
Angatan Laut AS mengoperasikan kurang lebih 3700 pesawat. Dari kebanyakan pesawat merupakan jenis pesawat tempur multi-role yaitu F-18 hornet dan super hornet, serta pesawat lain yang dapat beroprasi di atas kapal induk.

Ya begitulah kira-kira kekuatan angkatan laut amerika.. sangat kuat dan mematikan.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
http://www.military-today.com/navy/top_10_navies.htm
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Angkatan_laut

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet