Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sering Dijumpai di Tempat Umum, Begini Cara Kerja Pistol Termometer (Thermo Gun)


Pengukur suhu tubuh atau thermo gun mungkin termsuk benda yang asing bagi orang yang tidak berkecimpung di dunia medis. Tapi semenjak virus corona menyebar di Indonesia, semakin banyak masyarakat yang menyadari keberandaan alat berbentuk pistol tersebut. kalian pasti pernah melihat alat ini digunakan petugas keamanan di rumah sakit, bank, atau swalayan. Atau mungkin, kamu juga pernah iseng mencari tahu harganya di toko online.

Sekarang kamu sudah kenal dengan thermo gun. Tapi, apa kamu tahu cara kerjanya? Dan apakah hasilnya benar-benar akurat?

Cara Kerja Thermo Gun
Mengutip dari laman Sciencing, thermos gun memancarkan laser dan sinar inframerah. Laser pada thermo gun hanya berfungsi sebagai sarana untuk mengarahkan termometer. Molekul yang ada pada bagian tubuh kita, seperti dahi misalnya, akan bergetar terus-menerus. Semakin panas molekulnya, maka semakin cepat pula getarannya.

Getaran tersebut menghasilkan cahaya tak terlihat dalam bentuk energi inframerah. Dan pada intinya, thermo gun berfungsi mengukur energi inframerah yang dikeluarkan oleh semua benda.

Sekarang pertanyannya, bagaimana thermo gun mengkonversi energi inframerah tersebut hingga bisa ditampilkan dalam bentuk angka (celcius)? Untuk melakukan hal ini, thermo gun mengubah energi inframerah yang diukurnya menjadi sinyal listrik yang kemudian ditampilkan sebagai suhu.

Energi Inframerah Itu Apa sih?

Inframerah termasuk dalam lingkup cahaya elektromagnetik. Berbeda dengan energi cahaya biasa, energi inframerah tidak tampak dan memiliki frekuensi gelombang yang lebih panjang. Energi inframerah dapat diukur dengan tiga cara: ditransmisikan, dipantulkan, dan dipancarkan. Dan thermo gun mengukur energi yang dipancarkan benda.

Thermo gun menggunakan serangkaian lensa dan cermin untuk memfokuskan energi inframerah yang dipancarkan ke detektor. Detektor kemudian mengubah energi inframerah yang dipancarkan menjadi sinyal listrik yang diubah kembali menjadi angka pada layar digital.

Apakah Pengukuran Suhu Menggunakan Thermo Gun Akurat?

Pada dasarnya, semua termometer inframerah dapat mendeteksi energi inframerah yang ditransmisikan, dipantulkan dan dipancarkan suatu benda. Oleh sebab itu, thermometer harus dikalibrasi menggunakan arahan pabrikan untuk membaca energi inframerah yang dipancarkan saja.

Energi inframerah yang dipancarkan adalah satu-satunya energi yang dapat memberikan pembacaan suhu permukaan dengan akurat. Jika termo gun digunakan untuk objek lain selain tubuh manusia, diperlukan setting-an baru untuk mengukur suhu. Sebagian besar objek memiliki energi inframerah yang dipancarkan di level 0,95. Namun, beberapa objek memiliki energi inframerah yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Berapa Suhu Normal Manusia?

Mengutip dari alodokter, suhu tubuh normal manusia berada pada kisaran 36,5-37 derajat Celcius. Jadi, kalau suhu tubuhmu masih di kisaran 36-37 saat diperiksa, tandanya kamu baik-baik saja.

Tapi ingat, kamu masih harus waspada dan menjaga keselamatan saat berpergian ke luar rumah. Kalau kamu mengalami gejala yang mirip infeksi virus corona, langsung periksakan diri ke rumah sakit ya?.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet