Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalian Tau Gak Sih Perbedaan Sabana Dan Stepa?


Stepa dan sabana adalah dua contoh dari banyak bioma di Bumi. Bioma adalah wilayah yang menawarkan bentuk kehidupan tumbuhan dan hewan yang serupa. Wilayah-wilayah tersebut umumnya bersebelahan. Gurun misalnya, adalah bioma.

Padang rumput juga merupakan bioma. Sabana dan stepa adalah dua contoh bioma padang rumput. Karena keduanya adalah padang rumput, mereka memiliki beberapa kesamaan. Misalnya, vegetasi sabana dan stepa sangat mirip, tetapi ada perbedaan utama yang membedakan keduanya.

Apa saja itu? Mari kita simak penjelasan dibawah ini

Sabana adalah padang rumput yang terdapat pepohonan seperti palem dan akasia. Biasanya terdapat di daerah hutan hujan tropis. Karena itu, mereka lebih hangat dari stepa.

Sedangkan, Stepa adalah tanah datar yang luas yang hanya ditumbuhi oleh rumput pendek/belukar tanpa pepohonan yang ditemukan di hampir setiap benua, kecuali Australia dan Antartika.

Perbedaan terpenting antara Sabana dan stepa adalah lokasinya. Sabana terletak lebih dekat ke ekuator daripada stepa dan, karenanya, lebih hangat dari stepa. Lebih dekat dengan hutan hujan berarti sabana memiliki dua musim utama: musim panas yang basah dan panas, serta musim dingin yang sedikit lebih sejuk, tetapi jauh lebih kering.

Stepa, sebaliknya, terletak jauh dari ekuator dan di daerah terlindung. Artinya, curah hujan yang mereka dapatkan tersebar secara merata sepanjang tahun. Lebih sedikit tanaman besar yang dapat berakar dalam kondisi kering seperti itu. Berada jauh dari khatulistiwa juga berarti kondisi yang lebih dingin, dan di beberapa stepa utara, lebih sering turun salju, bukan hujan.

Sumber : sciencing,com. Differences Between Steppes & Savannas. Diakses 25 Agustus 2020

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet