Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Sengaja Menelan Rambut Saat Makan, Bahayakah?


Pernahkah kalian tidak sengaja menelan rambut saat sedang makan? Pasti hal tersebut sangat menggangu kalian saat sedang makan, tapi apakah kalian tahu hal apa saja yang akan terjadi jika kalian tidak sengaja menelan rambut?

Menelan sehelai rambut sebenarnya tidak akan menyebabkan masalah serius. Namun, lain cerita jika kalian menelan rambut dalam jumlah yang cukup banyak dan berulang. Berikut ini merupakan bahaya menelan rambut yang bisa terjadi:

1. Adanya kandungan zat berbahaya dan bakteri
Rambut manusia memiliki kandungan kimia berupa keratin yang tidak bisa dihancurkan oleh tubuh. Sehingga jika kita menelan rambut, keratin akan termakan secara utuh dan masuk ke dalam tubuh.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Institute of Science, Technology, and Development Studies, New Delhi, menyebutkan bahwa rambut manusia bisa mengandung sejumlah zat kimia beracun yang berasal dari sampo, cat rambut, dan lainnya.

Jika tidak sengaja menelan rambut yang ada di dalam makanan, zat kimia beracun tersebut mungkin saja berpindah dan mencemari masakan yang akan disajikan.

Selain itu, adanya bakteri pada rambut manusia dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Rambut sulit dicerna
Selain mengandung zat beracun, rambut juga tidak dapat dicerna tubuh dengan mudah. Akhirnya, rambut yang tertelan akan mengendap di dalam tubuh. Jika terus-menerus dibiarkan, rambut-rambut tersebut akan membentuk ‘bola rambut’ yang bersarang di tubuh kalian.

3. Menelan rambut dengan sengaja bisa menjadi tanda gangguan kejiwaan
Kebiasaan menelan rambut dengan sengaja terjadi pada orang yang mengalami 'Rapunzel Syndrome' atau 'trichophaga' yang membuat penderitanya terbiasa mencabut dan memakan rambut dari kepalanya sendiri setiap hari.

Banyaknya rambut yang ditelan bisa menggumpal menjadi bola rambut. Saat bola rambut mencapai usus, nantinya dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Jadi, jika rambut yang tertelan hanya sehelai tidak akan bahaya. Tetapi, kalian perlu dan waspada jika jumlah rambut yang tertelan semakin banyak, terlebih jika kalian menjadikan ini sebuah kebiasaan.

Seberat apapun masalah kalian, jangan pernah makan rambut ya gaiss

Referensi:
https://www.google.com/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3147609/tak-sengaja-menelan-rambut-saat-makan-berbahayakah

https://www.covesia.com/lifestyle/baca/44974/ini-yang-terjadi-bila-anda-tidak-sengaja-menelan-rambut-yang-terselip-dalam-makanan

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet