Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Changeling: Sosok Hantu Perusak Keharmonisan Rumah Tangga


Hantu ini jelas mengerikan, ia sangat populer di negara-negara Eropa. Konon katanya, pada abad pertengahan banyak orang yang membunuh anak kecil karena diduga mereka adalah sosok hantu itu. Pasti sangat menakutkan bukan? Apalagi bila kehadiran hantu itu membawa bencana bagi keharmonisan keluarga.

Yap, hantu itu adalah Changeling. Hantu bernama Changeling yang berasal dari Benua Eropa ini biasa menyamar sebagai wujud anak kecil yang telah menjadi korbannya. Dia membawa korbannya tersebut ke dunia iblis sebagai pengganti mereka. Setelah menyamar menjadi wujud korbannya, dia akan bergabung bersama keluarga sang korban dan menjalankan kehidupan seperti biasa. 

Changeling akan mendatangkan malapetaka dan musibah pada keluarga yang di huninya dan ia akan sangat senang bila anggota keluarga yang dihuninya tidak harmonis. Saking senangnya, ia bisa menimbulkan kematian untuk keluarga tersebut.

Namun, terdapat cara untuk membedakan apakah itu Changeling atau manusia. Biasanya anak kecil yang merupakan Changeling cenderung akan pendiam dengan raut wajah yang selalu murung dan pucat serta berperilaku aneh. 

Bahkan tidak sedikit masyarakat sekitar yang mengira anaknya dirasuki oleh setan. Changeling digambarkan sebagai keturunan peri atau troll yang dianggap cacat dan karena kecacatannya ia turun ke bumi dan menggantikan anak manusia.

Ada beberapa cara untuk mengusir Changeling. Menurut legenda, hantu ini sangat takut dengan api. Akan tetapi jika tidak cukup mengusirnya saja, menurut rakyat Irlandia kalian bisa mengembalikan Changeling ke alamnya dengan cara menyeduh teh khusus di campur dengan tanaman beracun.

Sumber dan Referensi:
Kumparan. 2018. Hantu Changeling. https://kumparan,com/selidik/hantu-changeling/full. Di produksi oleh Selidik pada 4 Juni 2018. Di akses pada 31 oktober 2020.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet