Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Penyebab Kucing Tidur Terus


Jika peliharaan kucing sedang tidur akan terlihat lucu dan manis. Namun jika kucing tersebut tidur terlalu lama, maka Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan dia tidur terus-menerus.
Banyak hal yang menyebabkan kucing suka tidur lama. 

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir, pastikan penyebabnya terlebih dahulu. Kucing peliharaan tersebut harus dibiasakan untuk melakukan aktivitas, agar kucing tersebut memiliki nafsu makan baik dan kebiasaan tidur yang bagus

Berikut ini adalah penyebab kucing selalu tidur terus.

1. Pengaruh Genetik
Sebagian orang beranggapan bahwa kucing adalah hewan nokturnal. Nokturnal merupakan makhluk hidup yang aktif pada malam hari. Namun, kucing merupakan makhluk crepuscular. Dimana artinya, kucing efektif pada pagi atau sore hari untuk mencari makanan. Oleh karena itu, kucing tidur sepanjang hari kecuali saat mencari makan.

2. Menghemat Energi
Selain lucu dan imut kucing mempunyai sisi psikis predator. Hal ini mengindikasikan bahwa kucing menghabiskan waktunya untuk memburu mangsa dan berlari, walaupun kucing tersebut adalah hewan peliharaan.

Kucing yang predator akan menghabiskan energinya untuk berburu untuk mendekati mangsa. Karena hal tersebut, kucing perlu menghemat dan menyimpan energi agar tidak habis, salah satu efeknya adalah pola tidur yang panjang.

3. Kucing Hamil
Kucing yang suka tidur bisa jadi karena kucing itu hamil. Hal ini sering terjadi, kucing yang hamil akan memiliki waktu untuk tidur lebih lama dibandingkan dengan yang tidak hamil.

4. Sakit Atau Gangguan Lain
Kucing yang berusia 3 bulan atau lebih memiliki waktu tidur yang lebih lama dibandingkan kucing yang sudah dewasa, hal ini disebabkan hormon pertumbuhan dilepaskan saat kucing istirahat.

Umumnya, kucing yang sudah tua memiliki waktu tidur yang panjang dibandingkan dengan kucing dewasa, hal ini diakibatkan proses penuaan yang dialaminya.

Pola tidur kucing yang lama merupakan suatu hal yang normal. Tetapi, apabila kucing Anda tidur terus-menerus lebih dari waktu tidur yang seharusnya, bisa jadi merupakan tanda bahwa kucing tersebut sedang sakit.

Jika kucing Anda tidur yang lama dan tidak memiliki nafsu makan, mungkin sebaiknya Anda membawa kucing tersebut ke dokter hewan untuk ditangani.

5. Hujan Atau Cuaca Dingin
Keadaan cuaca juga bisa menyebabkan pola tidur kucing. Kucing akan menghabiskan waktu lebih lama untuk tidur disaat cuaca dalam keadaan dingin atau musim hujan tiba.

6. Anemia Pada Kucing 
Anemia bisa menyerang kucing dan bisa menjadi penyebab kucing tidur terus-menerus. Jika kucing Anda terkena anemia, segera periksa gusinya. Jika giginya berwarna lebih pucat daripada biasanya, Anda perlu waspada karena kucing tersebut mengalami anemia. Segera bawa kucing tersebut ke dokter hewan untuk ditangani, penangan yang terlambat bisa menyebabkan kematian pada kucing.

Nah itulah 6 Penyebab Kucing Tidur Terus, Anda tidak perlu khawatir, pastikan penyebabnya terlebih dahulu. Kucing peliharaan tersebut harus dibiasakan untuk melakukan aktivitas, agar kucing tersebut memiliki nafsu makan baik dan kebiasaan tidur yang bagus.

Sumber: 
Azizah Nora, 2020. Ini Alasan Kucing Bisa Tidur Sangat Lama.
https://m,republika,co,id/berita/q6ywkv463/ini-alasan-kucing-bisa-tidur-sangat-lama/. Diakses pada 9 November 2020

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet