Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Virus Corona Bermutasi, Inggris Menerapkan Lockdown


Tidak sampai sepekan yang lalu,berbagai media mengabarkan dengan adanya virus corona yang bermutasi dan cepat menjangkiti orang di Inggris.

Hal ini lantas membuat pemerintah Inggris memberlakukan lockdown atau penguncian wilayah secara ketat selama Natal tahun ini  dikarenakan ditemukannya varian mutasi baru virus corona yang disebut telah "di luar kendali".
Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan hal itu diputuskan pada Minggu (20/12).

"Kami bertindak sangat cepat dan tegas. Sayangnya strain baru ini di luar kendali. Kami harus mengendalikannya," tutur Hancock kepada Sky News seperti dikutip dari AFP.

Sebelumnya Penasihat Kesehatan Pemerintah Inggris mengatakan varian mutasi baru virus Covid-19 yang menyebar di negara itu memilik tingkat penularan yang tinggi.

Kesimpualan ini berdasarkan dari data permodelan awal dan tingkat insiden yang melonjak drastis di selatan Inggris. Alhasil, kondisi itu berujung pada pembicaraan darurat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bersama anggota kabinetnya pada Sabtu (19/12).

"Kami telah memperingatkan Organisasi Kesehatan Dunia dan terus menganalisis data yang tersedia untuk meningkatkan pemahaman kami," tutur Kepala Petugas Medis Inggris, Chris Whitty 

Menurut Whitty, sampai sekarang belum ada bukti yang menunjukkan varian mutasi terbaru ini lebih mematikan ataupun dapat mempengaruhi vaksin dan perawatan.

Menyusul adanya temuan tersebut, Pemerintah Belanda melarang seluruh penerbangan penumpang dari Inggris. Larangan tersebut diberlakukan sejak Minggu pukul 6 pagi waktu setempat hingga 1 Januari 2021.

Sebelumnya diketahui,PM Inggris Boris Johnson mengumumkan sebuah data awal yang menunjukkan virus yang beredar di London dan tenggara Inggris tersebut hingga 70 persen lebih mudah menular.

Varian baru virus corona ini pertama kali diumumkan oleh Menteri kesehatan Inggris awal pekan ini. Saat itu, ia mengatakan varian mutasi baru ini diyakini terkait dengan lonjakan cepat kasus Covid-19 di Inggris selatan dan tenggara.

Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit ini.
Keep safe out there

Sumber pendukung : 
https://m,cnnindonesia,com/internasional/20201220185206-134-584475/mutasi-corona-di-luar-kendali-inggris-terapkan-lockdown
(Dirilis 20-12-2020/Minggu)

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet