Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamur Jenis Ini Pernah Dihargai Hingga Miliaran Rupiah!


Siapa sih disini yang gak tahu dengan yang namanya jamur? Yap jamur biasanya bisa dibuat olahan tumis-tumisan dan sejenis nya.

Eh, tapi bagaimana kalau jamur yang satu ini dijadikan olahan makanan? Bukan apa-apa harganya itu loh!!! Sampai milirayan rupiah. Wkwkwk 1 miliar untuk setangkai jamur.. mending buat beli rumah. Hehehe

Yap!!! Jamur Truffle adalah bagian yang membesar dari jamur Ascomycetes, yang merupakan salah satu spesies jamur dari genus Tuber. Truffle adalah jamur ectomycorrhizal, dan dengan demikian biasanya ditemukan menempel ke akar pohon. Penyebaran sporanya didapat melalui fungivora, hewan yang memakan jamur-jamuran. Wikipedia.com

Berikut fakta-fakta tentang jamur yang pernah dihargai hingga miliaran rupiah ini:

CHECK THIS OUT :

1. Berasal dari Eropa
Jamur ini pertama kali diperkenalkan di Eropa, dan hingga saat ini sudah ada di 36 negara di dunia. Terdapat dua jenis truffle yang memiliki harga fantastis, yaitu jamur truffle hitam dan putih.

Truffle hitam berasal dari Perigord, barat daya Prancis. Biasanya subur di bulan September hingga Desember. Sementara truffle putih biasa ditemukan di wilayah Piedmont, Italia Utara, pada waktu musim dingin dan musim gugur.

2. Sangat sulit dibudidayakan
Jamur truffle biasa tumbuh di bawah pohon ek, poplar, beech, atau hazel. Jika ingin membudidayakan truffle, setidaknya harus menanam pohon ek terlebih dahulu.

Jamur tumbuh liar secara alami, sehingga tidak bisa dikontrol produksinya. Terlebih banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya, seperti kandungan tanah hingga cuaca.

3. Punya beragam manfaat dan khasiat ajaib bagi tubuh
Jamur truffle diklaim dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, karena antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu jamur truffle juga berkhasiat mengobati sakit kepala, melancarkan peredaran darah, hingga membantu pembentukan otot

4. Pernah dihargai hingga 1,5 miliar
Normalnya, truffle hitam dibanderol sekitar Rp5,6 juta per 450 gram. Sementara truffle putih dibanderol sekitar Rp31 juta per 450 gram.

Di tahun 2018, seorang warga hongkong berani membayar 30 kali lebih mahal dibanding harga pasaran untuk jamur ajaib ini. Jamur truffle putih terjual hingga Rp1,5 miliar dengan berat 850 gram di Alba, Italia.

Sobat EnsikloDepa, ada yang pernah nyobain jamur yang satu ini?

Source: Indonesianchefassociation.com, idntimes.com

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet