Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Desa Negeri Dongeng di Alberobello, Italia


Sebuah kota kecil unik di Italia, yang bernama Alberobello berjarak 482 Km dari ibukota Italia "Roma", Ciri khas kota ini adalah rumah-rumah dengan atap kerucut dan bangunan yg terbuat dari kapur berwarna putih.

Nama desa "Alberobello" memiliki arti "Pohon cantik" sesuai yah dengan pemandangan kota yang sama-sama cantik.

Berada di dua bukit, dengan sungai yang mengalir di tengahnya, Kota Alberobello menjadi harta karun di Provinsi Punglia, Italia. Desa ini berada dekat dengan Kota Bari.

Bangunan Alberobello berbentuk bulat dan beratap kerucut, hanya ada 1 ruangan di tiap trulli. Ruangan tersebut diisi oleh kasur, perapian, dan perabotan rumah lainnya. Kecil, namun nyaman. Paling besar hanya bisa sampai 2 lantai.

Kota ini awalnya dari seorang tuan tanah yg merambah hutan dan membangun rumah-rumah tempat tinggal sementara untuk para pekerja yg nantinya diperkerjakan untuk mengolah perkebunan.

Rumah-rumah ini hanya dibangun dari susunan batu kapur tanpa perekat semen. Sehingga si tuan tanah bisa bebas dari pajak yang tinggi. Saat itu, rumah dengan bangunan tetap akan dikenakan pajak yang mahal. Sehingga saat orang pemerintahan datang, rumah-rumah ini bisa dihancurkan dengan mudah. Karena tipu muslihat ini, pemukiman perkebunan semakin berkembang. Di abad ke-18 Alberobello memiliki populasi 3.500 jiwa. Pada tahun 1797, Alberobello bukan lagi kawasan perkebunan tapi kota kecil.

Kini Kota Alberobello memiliki lebih dari 1.500 trullo. Karena ketradisionalannya yang tetap dijaga, Alberobello masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Source:
Detik,com. Alberobello, Desa Kurcaci Instagramable Warisan Dunia UNESCO.
Diakses pada 23 Juli 2020

https://id,m,wikipedia,org/wiki/Alberobello.
Diakses pada 23 Juli 2020.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet