Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal Menarik Dari Martabak


Halo para pecinta martabak, kali ini saya sebagai penulis akan membahas tentang martabak. Makanan yang satu ini memiliki aroma khas saat dimasak oleh para pembuat martabak. Makanan ini pula memang mampu membuat kita merasa ketagihan jika sudah menyentuh lidah serta perjuangan yang cukup lama untuk menunggunya saat dibuat.

Dari kelezatan makanan yang satu ini, saya sebagai penulis akan memberitahukan beberapa hal-hal menarik yang terdapat dari martabak.

Nama asli dari martabak manis adalah Hok Lo Pan

Martabak manis yang sering kita makan ternyata adalah salah satu makanan yang memiliki sejarah dibalik penamaannya. Kuliner yang sangat nikmat ini memiliki nama Hok Lo Pan dimana nama ini dibentuk sebab banyaknya orang Hakka yang bermukim di bangka, dan membuat makanan martabak yang satu ini sebelum akhirnya menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Setelah itu nama Hok Lo Pan diganti dan lebih sering disebut martabak manis ataupun martabak bangka.

Martabak kebanyakan dijual di malam hari

Martabak sendiri rata-rata sering kita temukan dijual hanya sepantara sore-malam hari saja. Ini mengundang banyak pertanyaan yang masih belum ada jawaban pasti kenapa hal ini bisa terjadi.

Namun dari beberapa alasan yang ditemukan, martabak biasanya jualan pada malam hari karena penjualnya menggunakan gerobak dan biasanya mereka para penjual martabak ini menjual saat toko atau usaha lainnya sudah tutup dari sore. Ini sekaligus membuat para penjual martabak akan mendapatkan konsumennya yang dominan ingin mencari camilan seperti martabak di sore-malam hari.

Selain itu juga, kebiasaan budaya penjual Indonesia juga berpengaruh, seperti misalnya tukang bubur lebih banyak di pagi hari karena sebagai sarapan pagi maka demikian pula dengan martabak.

Martabak Manis bisa dipadukan dengan berbagai toping walaupun berbeda jaman

Martabak sendiri merupakan makanan yang memiliki adonan empuk dan manis sehingga mampu dicampurkan oleh adonan lain seperti coklat, keju, kacang, dll. Selain itu, dengan kemajuan digital bahkan banyak bermunculan martabak yang dihias seakan-akan mengikuti tren warna semisalnya warna toping merah seperti velvet. Inilah mengapa martabak dapat dikatakan salah satu makanan enak dengan mengikuti jaman.

Makin banyak minyak, semakin enak.

Martabak yang sering kita lihat dibuat dengan menggunakan minyak yang banyak itu sebenarnya adalah salah satu cara agar martabak terasa semakin nikmat. Saya sebagai penulis sempat pernah menanyakan langsung kepada penjual kenapa minyak yang digunakan untuk martabak manis adalah mentega, karena lidah orang Indonesia sangat suka dengan hal yang gurih seperti martabak manis ini tutur dari penjual martabak tersebut.

Martabak akan sangat nikmat jika dimakan saat malam hari, dengan cuaca hujan, serta dengan orang terdekat yang kita sayangi.

Ini merupakan salah satu pendapat yang mungkin bisa jadi teman-teman sekalian setuju untuk suasana makan martabak tersebut. Mungkin dengan cara membawakan martabak kepada seseorang yang menurut anda istimewa bisa menjadi hal yang patut dicoba. Karena martabak adalah candu untuk kebanyakan pecinta kuliner nusantara ini.

Jadi gimana?
Mau makan martabak hari ini?

Referensi:
https://www.checkinjakarta.id/id/read/5-fakta-unik-di-balik-lezatnya-martabak-manis

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/tresna-nur-andini/5-fakta-menarik-seputar-martabak-manis-cocok-untuk-camilan-ngedate-exp-c1c2/5

https://www.brilio.net/life/7-alasan-martabak-merupakan-menu-yang-tepat-untuk-makan-malam-7-alasan-martabak-bisa-menjadi-menu-ma.html

https://id.quora.com/Mengapa-di-Indonesia-martabak-manis-selalu-dijual-di-malam-hari-padahal-kandungan-kalori-per-potongnya-sangat-tinggi-alias-mudah-bikin-gemuk

https://kumparan.com/fahreza-arfian/evolusi-martabak-terang-bulan-dan-hok-lo-pan/full

https://kumparan.com/kumparanfood/fakta-unik-di-balik-legitnya-martabak-manis-27431110790553137/full

https://www.kaskus.co.id/thread/59e45d8c1854f7181a8b456c/7-fakta-unik-martabak-manis-yang-belum-diketahui-banyak-orang/

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet