Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Terbentuknya Palang Merah Indonesia


Mungkin, banyak dari kalian yang sudah tahu dalam pandemi ini banyak banget tenaga dari organisasi-organisasi yang membantu untuk mencegah dan menangani bahaya dari virus corona. Nah, salah satunya adalah PMI. Palang Merah Indonesia atau PMI adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, salah satu tugas PMI adalah membantu dalam penanganan musibah atau bencana di dalam dan di luar negeri. Karena itulah.. PMI ikut andil dalam situasi pandemi ini. Lalu, bagaimana sih sejarah terbentuknya PMI? Yoo, kita lanjut!

Saat dahulu.. tanggal 21 Oktober 1873, pemerintah kolonial Belanda mendirikan organisasi Palang Merah di Indonesia dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis atau NIRK, kemudian nama NIRK diubah, sob.., menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie atau disingkat NERKAI.

Di tahun 1932, dr. RCL. Senduk dan dr. Bahder Djohan memelopori untuk mendirikan PMI. Lalu di tahun 1940 pada kongres NERKAI, proposal untuk mendirikan PMI diajukan, namun hasilnya ditolak. Waktu penjajahan oleh Jepang, juga sama, sob, udah diajukan lagi, hasilnya ditolak lagi.

Setelah kemerdekaan dan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia telah merdeka, di tanggal 3 September 1945 Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo diperintahkan oleh Presiden Soekarno agar membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional.

Kemudian, pada tanggal 5 September 1945, dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki dan dr. Sitanala (Panitia Lima) dipersiapkan oleh dr. Buntaran agar membentuk Palang Merah di Indonesia.

Dan.. pada akhirnya, di tanggal 17 September 1945, pengurus besar Palang Merah Indonesia (PMI) terbentuk dengan ketua pertamanya, wakil presiden pertama kita yaitu Drs. Mohammad Hatta.

So, kemarin adalah hari lahirnya Palang Merah Indonesia yang terbentuknya 1 bulan setelah kemerdekaan. Palang Merah Indonesia juga sudah menjadi organisasi kemanusiaan yang sudah berstatus badan hukum dengan Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

Saya cukupkan sampai sini ya, sob! Dan bagi kalian yang ingin meminta bantuan perihal penulisan, kalian bisa menghubungi saya atau mentor-mentor yang lain. Semoga bermanfaat dan.. terima kasih!

Referensi:
[1] Sejarah Lahirnya PMI. Diakses melalui: http://www,pmi,or,id/sejarah-lahirnya-pmi/. 18 September 2020.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet