Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sisi Buruk Dari Alat Pengering Tangan Otomatis


Biasanya setelah cuci tangan kita bisa mengerikan tangan mengelap dengan tisu ataupun handuk, tapi siapa disini yang membiasakan diri mengeringkan tangan dengan pengering tangan otomatis? Alat pengering yang biasa kita ditemui di toilet umum.

Banyak yang belum tahu, ternyata alat pengering tangan otomatis ini adalah sarangnya virus. Loh?

Berdasarkan penelitiannya, pengering tangan listrik otomatis, seperti warm-air dryer maupun jet-air dryer justru bisa menyebarkan virus.

Untuk mengetahui hasil ini, peneliti menggunakan virus yang tidak berbahaya atau disebut MS2. Para peneliti ingin melihat bagaimana virus menyebar, kemudian menempel di tangan ketika pengering otomatis digunakan. Hasilnya, pengering tangan otomatis itu bisa menyebarkan virus 190 kali lebih banyak dibanding jika menggunakan tisu kertas.

Udara bertenaga tinggi yang dikeluarkan dari mesin pengering tangan ini dapat menyebarkan bakteri dengan sangat cepat. Jumlah kuman yang ada di udara sekitar mesin pengering tangan berjumlah 27 kali lebih banyak daripada di sekitar tisu atau handuk. Hal ini terjadi karena saat mengeringkan tangan, bakteri di tangan pengguna mesin pengering terhempas ke udara.

Mesin pengering tangan bisa menyebarkan lebih banyak kuman atau partikel kotoran ke seluruh ruangan. Selain itu, mengeringkan tangan dengan menggunakan mesin pengering tangan membuat tangan kamu kembali tidak steril. Ada salah satu bakteri yang ditemukan adalah Escherichia coli, yang dapat memicu diare dan muntaber.

Ketika kamu mulai mengeringkan tangan dengan mesin pengering tangan, udara panas dari mesin akan menembakkan partikel kotoran yang sangat kecil ke telapak tangan kamu. Juga ke seisi kamar mandi atau ruangan yang menyediakan mesin pengering tangan ini.

Alat pengering tangan otomatis di toilet bisa mentransmisi bakteri, jamur, dan virus ke udara. Sementara tisu kertas menghasilkan gerakan udara yang lebih sedikit dibanding alat pengering tangan otomatis.

Nah, untuk mengurangi penyebaran bakteri yang disebabkan dari penggunaan mesin pengering tangan, kamu bisa mengganti penggunaannya dengan tisu untuk mengeringkan tangan. Menurut ahli, kertas tisu bisa menyerap sebagian besar air dan bakteri yang tersisa di tangan. Sehingga kuman tidak akan menyebar.

Sumber:
https://www.alodokter.com/pikir-pikir-dulu-sebelum-menggunakan-pengering-tangan

https://m.liputan6.com/hot/read/4036347/belum-banyak-yang-tahu-ini-5-bahaya-menggunakan-mesin-pengering-tangan

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet