Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang terjadi jika gravitasi hilang dari bumi?



Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kita mengetahui apa itu gravitasi.

Menurut Newton, gravitasi adalah gaya tarik menarik yang terjadi secara alamiah antara dua atau lebih benda yang memiliki massa (bobot). Sedangkan menurut Einstein, gravitasi adalah kelengkungan ruang-waktu yang diakibatkan oleh keberadaan benda-benda bermassa.

Apa yang akan terjadi jika bumi kehilangan gravitasinya?

Ketika bumi kehilangan gravitasi-nya maka segala sesuatu yang terikat oleh gravitasi bumi akan melepaskan diri satu persatu. Saat bumi kehilangan gravitasi tidak hanya manusia, hewan, bangunan dan kendaraan yang terhempas, termasuk atmosfer juga akan hilang.

Hilangnya gravitasi juga bisa membuat Bumi berhenti mengikat udara, air dan atmosfer. Dan di situlah kehancuran apokaliptik sejati alias kiamat dunia.

Karena tak ada lagi gaya yang mengikat atau merekatkan material penyusun bumi maka struktur fisik bumi akan menjadi renggang dan rentan. Tanaman-tanaman akan tercabut, gunung-gunung akan meletus menyemburkan seluruh isi perut bumi, lalu struktur fisik bumi yang sudah rentan ini terpecah menjadi potongan-potongan kecil, kemudian mengembang bergerak menjauhi satu sama lain ke segala arah. 

Pada akhirnya tidak ada lagi bumi seperti yang kita kenal, yang tersisa hanyalah pecahan-pecahan bumi yang berantakan yang bergerak menyebar ke segala arah. Hilangnya gravitasi bumi benar-benar akan menghancurkan bumi dan segala isinya.

Karena tidak lagi memiliki pelindung yang bisa memblokir dan menyaring sinar radiasi berbahaya dari matahari secara langsung, maka permukaan bumi menjadi lebih cepat panas. Lapisan es di kedua kutub akan mencair, volume air laut akan naik dan lapisan air yang ada di bumi akan menguap lebih banyak lebih cepat. warna langit juga akan berubah menjadi gelap atau hitam walaupun cahaya matahari yang masuk ke bumi lebih banyak. 

Hal ini disebabkan karena warna biru pada langit yang kita kenal selama ini, itu diakibatkan oleh atmosfer bumi.

Simpelnya, mustahil bumi akan kehilangan gravitasinya karena disaat ada massa maka di saat itu juga ada gravitasi.

Referensi :
Anak bertanya. 2015. https://anakbertanya,com/apa-yang-terjadi-bila-tidak-ada-gravitasi/. (Di akses pada 9 November 2020.)
-愛Ai

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet