Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cheran, Sebuah Kota Yang Tidak Punya Pemerintah Resmi Dan Juga Aparat Keamanan


Cheran, sebuah kota di Meksiko di era modern sekarang agaknya menggoyahkan pengertian dan fungsi negara.

Kota tersebut bebas dari polisi, militer bahkan pemerintahan, dan semuanya murni dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sebelum menjadi kota tanpa alat negara, Cheran yang di huni oleh masyarakat asli Purèpecha dan letaknya di negara bagian Michoacán, Meksiko dengan total penduduk 14.245 jiwa per tahun 2019.

Namun semua itu terlihat semu karena kenyataannya adalah disana banyak kartel n*rk*ba, tidak hanya itu pada tahun 2011 para kartel juga menebang pohon dan berupaya membabat habis hutan kota di Cheran.

"Kami kawatir", ujar Margarita Elvira Romero, wanita yang menjadi salah satu konspirator. "Kalau mereka membabat habis hutan kami, kemana suami kami dan hewan ternak pergi mencari minum jika musim kemarau tiba?"

Warga Cheran pun sudah melakukan upaya dengan cara melapor ke aparat setempat, namun justru kekecewaan yang didapat karena aparat disana ternyata korup dan bersekongkol dengan para kartel.

Muak dengan hal tersebut, warga Cheran pun bersatu untuk melawan orang-orang jahat. Para wanita menutupi wajah mereka untuk menghadang para penebang pohon.

Lalu keributan sedikit terjadi, seorang wanita membunyikan lonceng gereja dan menyalakan kembang api sebagai tanda dimulainya strategi.

Orang-orang dewasa bersiap dangan parang di tangan menghadang para rombongan penebang kayu.

"Semua orang berlarian membawa parang, dan wanita berlarian di jalanan sambil menjerit", Melisa gadis berumur 13 tahun.

Para aparat keamanan dan pemerintah pun di usir oleh para warga Cheran, dan akhirnya kota tersebut bebas.

"Itu membuatku menangis kalah mengingat hari itu", Margareta sambil tersenyum. "Semuanya seperti film horor, tapi itu adalah hal yang terbaik yang pernah kami lakukan".

Hingga sekarang Cheran melarang iklan politik dan segala bentuk yang berhubungan dengan politik, dan jika ada masalah kota, akan ada dewan kota.

Tapi Cheran tidak sepenuhnya independen, karena mendapatkan dana dari pemerintah Meksiko.

Oke sekian dari saya dan ada tambahan opini : apa yang di lakukan warga Cheran mustahil untuk ditiru, karena Cheran itu satu suku dan mereka yang ada di Cheran adalah para suku asli Purèpecha.

Sumber :
Fuaddah, Muflika Nur. 2019.
Muak dengan Polisi, Politisi, dan Gangster, Penduduk Kota Ini Memilih Hidup Tanpa Negara.
https://intisari,grid,id/amp/031615047/muak-dengan-polisi-politisi-dan-gangster-penduduk-kota-ini-memilih-hidup-tanpa-negara?page=3. Diakses pada 9 November 2020.

Kennedy, Edward S. 2019.
Cheran: Kota yang Tidak Perlu Negara.
https://www,tirto,id/cheran-kota-yang-tidak-perlu-negara-ddro. Diakses pada tanggal 9 November 2020.

Pressly, Linda. 2016.
Cheran: The town that threw out police, politicians and gangsters.
https://www,bbc,com/news/amp/magazine-37612083. Diakses pada tanggal 9 November 2020.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet