Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Hidup Itu Tidak Adil?


Pernah berfikir hidup itu tidak adil? Saya yakin semua orang pernah berfikir demikian. Ada kabar buruk dan baiknya mengenai hal tersebut. Kabar buruknya, hidup memang dirancang untuk tidak adil, kabar baiknya, hidup itu tidak adil dan tidak akan pernah adil. Mengapa saya berpendapat demikian?. 

Hidup tidak adil karena banyak orang yang sudah terlahir mapan dan hidup enak, sedangkan banyak sekali orang yang harus berjuang untuk bertahan hidup dan mendapatkan apa yang mereka mau. Seringkali juga ketika kita sudah berusaha, berdo'a dan berbuat baik kepada orang lain, tetapi kita malah mendapatkan balasan yang tidak enak.
 
Seperti kata Batman, "The world only makes sense if you force it to". Hidup tidak akan pernah adil sampai kapanpun, tetapi duniamu bisa. Kamu tidak bisa mengubah siklus kehidupan yang tidak adil ini. Tetapi kamu bisa mengubah cara pandangmu terhadap dunia dan kehidupanmu sendiri agar terasa adil. 

Duniamu bisa terasa adil apabila kamu memandang setiap momen kehidupan sebagai suatu anugrah dan pertualangan yang singkat dan apabila kamu memandang setiap masalah sebagai suatu pelajaran penting dalam hidup. Setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Bisa jadi kamu mempunyai pengalaman hidup ataupun kenangan yang tidak akan pernah bisa orang lain rasakan, kebahagiaan tersendiri yang kamu dapatkan dari hal-hal kecil yang belum tentu orang lain bisa rasakan.
 
Seperti halnya tentang hubungan, kamu dan dia mempunyai perasaan yang hanya kalian berdua didunia ini yang dapat rasakan. Bahkan ketika putus pun hanya kalian berdua yang mempunyai kenangan yang sama. Bersyukurlah karena ia pernah mengisi salah satu bab dalam cerita hidupmu dan memberikan pelajaran dan pengalaman penting dalam hidupmu.
 
Jadi percayalah, setiap kehidupan mempunyai versi cerita dan waktu kebahagiaannya masing-masing, mungkin tidak sekarang tapi suatu saat pasti. Kamu mungkin tidak bahagia sekarang, tapi percayalah suatu saat kamu akan mempunyai momen tersendiri dalam hidupmu yang tidak akan pernah bisa dimiliki orang lain.

"Happiness comes in waves, it'll find you again even you don't expect that."

Referensi:
1. Fearless Soul's YouTube Video : "Life Is Not Fair. It Will Never Be. It's Okay." (diakses pada 5 desember 2020)

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet