Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karena Inilah Mengapa Kamu Tidak Boleh Bernafas Menggunakan Mulut


Hidung adalah organ yang dirancang khusus dan merupakan bagian dari sistem pernapasan kita. Hanya karena kamu bisa bernapas menggunakan mulut, bukan berarti kamu bebas menggunakannya.

Faktanya bernapas melalui mulut adalah penyebab utama perkembangan wajah yang buruk dan asymetry. Sebuah makalah tahun 1981 menjelaskan bagaimana Dr Egil Harvold memblokir saluran hidung monyet dengan silikon, sebelumnya monyet menutup mulut dan bernapas menggunakan hidung secara alami, silikon ini menyebabkan mereka mengembangkan posture mulut terbuka. 

Jadi apa efeknya? Makalah tersebut melaporkan bahwa "temuan umum adalah penyempitan gigi rahang dan penurunan panjang lengkung rahang atas, menyebabkan gigitan silang. Sederhananya dengan bernapas melalui mulut, monyet mengembangkan lengkungan gigi yang lebih kecil dan gigi yang bengkok.

Pernapasan mulut juga dapat menyebabkan bau mulut, karena populasi bakteri yang berubah di dalam mulut. Hasil dari pernapasan melalui mulut bisa mengeringkan lidah, gigi dan gusi. Akibatnya, kadar asam di dalam mulut bisa memicu kerusakan gigi dan masalah gusi. Anak-anak yang bernapas melalui mulut berisiko juga lebih besar mengalami sleep apnea dan kelainan struktur wajah, postur kepala, dan gangguan kekuatan pernapasan.

Konsekuensi lain yang tidak diinginkan dari mouth breather terutama saat tidur, adalah dehidrasi. Seberapa sering orang yang tidur dengan bernapas menggunakan mulut bangun dengan mulut kering?.

Beberapa penelitian telah menarik hubungan antara pernapasan mulut dan Performa olahraga dapat terganggu karena mouth breather, Saat kita menghirup dan menghembuskan napas melalui mulut, serapan oksigen di paru-paru bisa turun.

Emangnya apa manfaat bagi kesehatan jika kita bernapas menggunakan hidung? 

Menghembuskan napas melalui hidung dengan benar dan konsisten memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Pernapasan Hidung Membantu Melawan Infeksi.
Saat kamu bernapas melalui hidung, udara dihangatkan, dibasahi, dikondisikan, dan dicampur dengan oksida nitrat yang memiliki dua fungsi penting yaitu membunuh bakteri mematikan dan berfungsi sebagai vasodilator pada saluran udara, arteri, dan kapiler.

Pernapasan Hidung Membantu Menjaga Suhu Tubuh
"Hidung bagian dalam tidak hanya menyediakan sekitar 90% dari kebutuhan sistem pernafasan tetapi juga memulihkan sekitar 33% dari panas dan kelembaban yang dihembuskan."

Mengurangi stres
Bernapas melalui hidung juga membatasi pemasukan udara dan memaksa seseorang untuk melambat. Pernapasan hidung yang tepat mengurangi hipertensi dan stres bagi kebanyakan orang. Semacam pengatur kecepatan pada mesin mobil.

Apa yang Dapat Kamu Lakukan untuk Menghentikan Kebiasaan Bernapas Melalui Mulut?

Menyadari bagaimana kamu bernapas menggunakan saat kamu bangun.Jika kamu bernapas menggunakan mulut saat bangun tidur, kemungkinan besar kamu akan melakukannya saat kamu tidur, karena apa yang kamu lakukan saat bangun tidur terbawa ke dalam tidur.

"Saya yakin pernapasan yang lebih baik melalui hidung 24/7 adalah kunci hidup yang panjang dan sehat. Kehidupan yang penuh dengan energi dan watak yang baik yang akan membantu memelihara dan memperkuat hubungan yang dibutuhkan seseorang untuk kesehatan emosional dan fisik." Dale D. Miller, JD & CEO

Reffrence
[1]https://breathing,com/pages/nose-breathing
[2]Elad, Wolf, Keck 2008 Air-conditioning in the human nasal cavity. Respiratory Physiology and Neurobiology 163. 121-127
[3]https://www,sinusandnasalspecialists,com/mouth-breathing-vs-nose-breathing/

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet