Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa sih Alasan Seseorang Melakukan Bully?


Bullying dari dulu hingga sekarang tak pernah ada habisnya, kasusnya ada di mana-mana dan semakin melonjak naik tiap tahunnya. Penindasan terhadap orang yang di bawah kasta seakan sudah menjadi kebiasaan dan budaya tersendiri, apalagi di lingkungan sekolah. 

Orang yang mencari perhatian dengan cara menindas kaumnya bisa terjadi atas beberapa sebab. Entah itu faktor didikan, lingkungan, atau relasi. Tiap karakter orang berbeda, maka beda pula alasan dan caranya melakukan perbuatan agresif tersebut. 

Dalam kasus bully, ada dua yang terlibat, yaitu si korban dan pelaku. Korban dan pelaku ini bisa lebih dari satu orang, tak ada batasan. Nah, jika membicarakan tentang korban bully, pasti semua orang sudah tau dampak umumnya. Seperti bolos sekolah, kurang bersosialisasi, tak bisa fokus, prestasi menurun, sampai psikis yang terganggu, serta yang paling fatal... bunuh diri. 

Pada artikel perdana yang saya bawakan hari ini, kita akan fokus pada si pelaku. Apa, sih, alasan seseorang melakukan bully? Check it out! 

Apa Itu Bullying? 

Sebelumnya, kita harus tahu lebih detail dulu. Apa itu bullying? Menurut wikipedia, penindasan, perundungan, perisakan, atau pengintimidasian (bahasa Inggris: bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Jadi, bully merupakan segala bentuk penindasan yang dilakukan kelompok atau seseorang dengan tujuan menyakiti, baik fisik atau mental, Guys! 

Jenis-jenis Bully 

Menurut Yayasan SEJIWA, secara umum praktik bullying dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni bullying fisik, bullying non-fisik, dan bullying mental atau psikologis. 

1. Bullying Fisik
Bullying fisik merupakan bully yang kasat mata, karena terjadi kontak fisik atau sentuhan antara korban dan pelaku. Kadang, tanpa sadar kita melakukan bully ini. Seperti memukul, memcubit, dsb. 

2. Bullying Verbal (Non-fisik) 
Bullying ini juga bisa terdeteksi, karena terdengar oleh pendengaran. Mencaci, menghina dan menjuluki merupakan contoh bullying verbal. Tak menyakiti fisik tapi perasaan. 

3. Bullying Mental 
Jenis bully ini cukup bahaya, karena kurang bisa dideteksi oleh indra jika tak benar-benar diawasi. Contohnya, memandang sinis, mempermalukan, atau mengucilkan. Ini sungguh menyakiti mental si korban, bahkan psikisnya bisa saja terganggu. 

4. Cyber Bullying 
Bully jenis ini juga banyak dilakukan walau tak cukup umum, yaitu tindakan menyakiti seseorang dengan media elektronik. Misalnya, pencemaran nama baik dan rekaman video intimidasi. 

Apa Alasan Seseorang Melakukan Bully? 

Ini pembahasan intinya. Mari simak bersama! 

1. Korban Bullying
Tak menutup kemungkinan, jika korban bullying di masa depan akan menjadi pelaku bully. Kenapa? Karena rasa ingin membalas apa yang dia terima di masa lampau, ingin meluapkan hal yang dari dulu terpendam, atau ingin orang lain merasakan apa yang dia rasakan dulu. 

Alasan yang klise, tak baik memupuk dendam dalam hati, segeralah ringankan bebanmu dan berbagilah pada orang lain. 

2. Mempunyai Masalah 
Seorang yang butuh pelampiasan biasa melakukan bully. Hal ini menjadi pengalihan atas apa yang ia alami, merasa menjadi lebih kuat dan berkuasa. Faktornya mungkin karena orangtua yang bercerai, keluarga yang tak harmonis, dsb. 

Sebenarnya yang mereka butuhkan hanya teman yang ingin mendengarkan ceritanya. Memiliki teman curhat berperan penting untuk menghindari menjadi pelaku dengan alasan ini. 

3. Kurang Perhatian
Pelaku bullying merasa, dengan cara ini mereka akan lebih mendapat perhatian. Mereka akan dipandang tinggi dan disegani. 

Memperbanyak relasi atau jalinan pertemanan itu dibutuhkan. 

4. Mendatangkan Keuntungan 
Walaupun keuntungannya bersifat negatif, tapi itu tak masalah bagi si pelaku. Asal untung berada di pihaknya, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Ini lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan menimbulkan sifat pemalas. 

5. Rasa Iri 
Tak ingin melihat pencapaian orang lain lebih baik darinya menimbulkan rasa ingin menindas. Iri dengki mendominasi hati dan menggodanya melakukan tindakan tak baik, yaitu ... bully. 

Itu dia beberapa alasan umum mengapa seseorang menjadi pelaku bully. Seberat apa pun alasannya, kita harus menjauhi tindakan ini. Selain bisa menjaga perasaan orang lain, kita juga membuat diri sendiri aman dan tidak tertekan oleh penyesalan. Kadang, secara sadar atau pun tak sadar kita melakukan bully. Atau di sini ada yang pernah menjadi korban atau ... pelaku bully?

Sumber referensi : 
1. Wikipedia. 2020. https://id,m,wikipedia,org/wiki/Penindasan. Diakses Pada Tanggal 19 Desember 2020

2. Amartha. 2020. https://blog,amartha,com/5-faktor-kenapa-seseorang-melakukan-bullying/#:~:text=Mempunyai%20Masalah&text=Masalah%20yang%20terjadi%20pada%20umumnya,dalam%20melakukan%20aksi%20bully%20ini. Diakses Pada Tanggal 19 Desember 2020

3. KOMPAS. 2020. https://amp,kompas,com/health/read/2020/02/03/102900568/mengenal-jenis-jenis-dan-contoh-perilaku-bullying-yang-kerap-tak-disadari. Diakses Pada Tanggal 19 Desember 2020

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet