Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Upacara Bendera Diadakan Setiap Hari Senin? Padahal 17 Agustus 1945 Kan Hari Jum'at!


"Kenapa sih habis enak enak libur di hari Minggu. Eh besoknya harus upacara panas panasan di lapangan!"

Mungkin diantara kalian pernah mengeluh seperti itu di hari senin sebelum pandemi melanda. Bukan rahasia lagi jika siswa zaman sekarang malas untuk upacara bendera dengan berbagai alasan mulai dari panaslah, pidatonya lamalah, nanti keringetan terus skincarenya lunturlah, mungkin ini klise tapi pernahkan kalian memikirkan para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan kita? mereka mengorbankan jiwa dan raga tapi kita yang hanya disuruh berdiri beberapa menit untuk menghormati perjuangan mereka,masih saja malas malasan.

Oke, jadi menurut sejarah, upacara bendera sudah dilakukan sejak 1292 dan dilakukan oleh tentara kerajaan Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari. Jauh setelah itu, bendera merah putih akhirnya dikibarkan pertama kali di Eropa pada tahun 1922.

Namun, bukan bendera merah yang seperti kita kenal sekarang, melainkan bendera merah putih dengan tanda banteng di tengah-tengahnya.

Bendera merah putih baru resmi dikibarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dan diperkenalkan sebagai bendera kebangsaan Indonesia. Nah, baru kemudian upacara bendera untuk pertama kalinya digelar pada tanggal 17 Agustus 1945 yang sekaligus kita kenal sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jadi kenapa upacara bendera diadakan setiap hari senin? padahal 17 Agustus 1945 kan hari Jum'at!"

Nah, Senin adalah hari pertama memulai kegiatan setelah libur akhir pekan. Tubuh dan pikiran diasumsikan sudah beristirahat pada hari sebelumnya. Senin adalah awal siswa sekolah masuk setelah libur hari minggu. Awal pekan dirasa layak untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme.

Selain itu, kita bisa mengingat pahlawan yang dulu berjuang dan kitapun bakal berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan sekolah atau kerja selama seminggu.

Referensi
- Brilio,net. 2015. kenapa upacara bendera setiap hari senin. https://www,brilio,net/news/kenapa-upacara-bendera-itu-setiap-hari-senin--150921n,html (Diakses 31 Agustus 2020)

- Loop,co,id. 2016. Sejarah upacara di Indonesia dan kenapa kamu diwajibkan buat ikutan!. https://loop,co,id/articles/sejarah-upacara-di-indonesia-dan-kenapa-kamu-diwajibkan-buat-ikutan/full (Diakses 31 Agustus 2020)

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet