Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati Hati Bahaya Self-Diagnosis Bagi Kesehatan Mental Anda

"Aku kayaknya ngidap ...."
"Ih aku banget ...."
Dan lain-lain.
Berhenti mendiagnos diri sendiri, Self Diagnosis memiliki dampak yang berbahaya untuk kesehatan mental, lho. Yuk, mari simak ulasan berikut ini.

Self diagnosis adalah sebuah penentuan penyakit dengan cara penelitian secara mandiri yang didapati dari informasi yang beredar tanpa adanya konsultasi langsung pada ahlinya, baik itu dalam dunia psikolog atau dokter.

Hal ini sangat berbahaya untuk kita lakukan. Karena akan berdampak pada kesehatan mental, halnya kita akan merasakan panik yang tidak seharusnya, juga akan mengakibatkan bahaya untuk tindakan yang kita lakukan selanjutnya. Contohnya setelah seseorang mendiagnosis dirinya sendiri dengan penyakit tertentu, tentu saja kita tak akan tinggal diam bukan? Dampaknya, kita akan meminum obat-obatan yang salah.

Retha Arjadi, Psikolog Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menyebutkan, bahwa prilaku selfdiagnosis akan berdampak buruk. Yakni bisa mengakibatkan seseorang depresi, juga akan menimbulkan hal negatif lainnya.

Ia mengatakan: “Kalau hanya ingin melihat gambaran umumnya, boleh saja melalui internet, buku panduan atau yang lainnya. Tapi kalau sudah masuk ke diagnosis harus ke ahli, misal ke psikolog atau psikiater."

Jika kita merasa ada hal yang aneh pada diri kita, sebaiknya langsung konsultasikan pada ahlinya, jangan langsung mendiagnosis diri atas apa yang kita baca di sebuah situs informasi.

Untuk gangguan psikologis, seseorang bisa dikatakan memiliki suatu gangguan jika pendapat itu didiagnosis oleh ahlinya, psikolog atau psikiater. Cara penanganan dan apa yang harus dilakukan hanya akan bisa dilakukan jika ditetapkan oleh ahlinya.

Selain menghindari sikap Self diagnosis ini, kita juga harus menghindari untuk memberikan penilaian pada diri sendiri atas yang orang lain alami.

Referensi:
● Pijar Psikolog, 2018. Self-Diagnose Tidak Akan Menyembuhkan Kekhawatiranmu. https(:)//pijarpsikologi(.)org/self-diagnose-tidak-akan-menyembuhkan-kekhawatiranmu/. Diakses 26 Oktober 2020.

● Radiordk.2019. Bahaya Self Diagnosis Bagi Kesehatan Mental. http(:)//rdk(.)fidkom(.)uinjkt(.)ac(.)id/index(.)php/2019/12/16/bahaya-self-diagnosis-bagi-kesehatan-mental/. Diakses 26 Oktober 2020.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet