Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pernah Merasa Muak Sama Kehidupan? Pasrah Dengan Keadaan?


Sebelum masuk ke pembahasan, opini yang harus saya jelaskan terlebih dahulu adalah bahwa kita semua adalah reinkarnasi dari kesepian.

Oke langsung saja, pernah merasa muak sama kehidupan? Pasrah dengan keadaan? Ngerasa gak punya siapa-siapa?

Atau tiba-tiba ngerasa hampa? Merasa kosong? Nangis tanpa sebab?

Hal lainnya; overthinking tiap malem, moody-an, sering insomnia, berat badan turun/naik secara drastis.

Jika ya, maka kamu sedang Lelah secara Mental.

Apa itu Lelah secara Mental, bagaimana cara ciri-cirinya dan bagimana mengatasinya? 

Lelah secara Mental adalah titik dimana kita merasa hampa, merasa kosong, jenuh dan lelah dengan semuanya.

Bagaimana ciri-cirinya?
- Tanda-tanda fisik; Sering insomnia, overthinking tiap malem, sering pusing atau sakit kepala dan berat badan naik/turun drastis.
- Tanda- tanda lainnya berdasarkan perubahan perilaku, seperti; Malas bersosialisasi, merasa hampa kayak gak punya siapa-siapa, mood sering berubah tidak jelas, kadang menangis tanpa alasan, kehilangan motivasi dan emosian.

Bagaimana cara mengatasinya?
Kamu hanya perlu menghindari hal-hal yang bisa menjadi pemicu untuk kamu berpikir berlebihan, keluar dari toxic relationship, memprioritaskan dirimu, belajar bersosialisasi atau berkumpul bersama orang-orang yang membawa energi positif.

Selain itu;

Stop mengontrol hal-hal yang berada di luar kendali mu, mulai fokus pada apa yang ingin kamu capai, belajar menerima diri sendiri, mencintai diri sendiri dan juga, jika kamu memiliki hal-hal yang menjadi beban bagi pikiranmu, maka lepaskanlah. Jika memang tidak bisa, coba ajak seseorang untuk berdiskusi tentang itu. Kamu harus tetap butuh seseorang yang selalu berada di sisimu.

Dan lagi, jika kamu memang benar-benar sering overthinking, maka ada baiknya kamu mengurangi hal itu.

Abaikan orang-orang yang mengira mereka tau lebih banyak tentang dirimu. Jangan pernah takut mencoba hal baru, dan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

Yang bisa memahami apa dan kenapa kamu adalah dirimu sendiri, sesekali coba berdamai dengan dirimu, berdiskusi lah dengan dirimu, bukan overthinking, hanya berusaha mencintai dirimu sendiri.

Tapi sekali lagi, kita semua adalah reinkarnasi dari kesepian.

Referensi:
YoungTop. 2020. https://www,youngontop,com/read/kenali-5-tanda-kamu-lelah-secara-mental-jangan-disepelekan. (Di akses pada 12 November 2020).

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet