Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Phobia Angka 666, Adakah Dampaknya?


Hexakosioihexekontahexaphobia adalah ketakutan akan angka "666." Terkait dengan triskaidekaphobia , atau takut nomor 13, fobia ini berawal dari kepercayaan agama dan takhayul.

Beberapa ahli mempertanyakan apakah hexakosioihexekontahexaphobia harus diklasifikasikan sebagai fobia spesifik dan melihatnya sebagai rasa takut berdasarkan takhayul. Kebanyakan orang menemukan ketakutan mereka tidak secara signifikan mempengaruhi kehidupan mereka, yang merupakan komponen penting dari diagnosis fobia.

Asal
Angka 666 muncul dalam Alkitab, dalam Kitab Wahyu. Wahyu 13: 17-18, dalam versi King James, menyatakan "jumlah binatang" adalah "enam ratus angka tiga dan enam" atau 666. Referensi ini tampaknya menjadi asal dari ketakutan bagi sebagian orang.

Seperti yang tertulis, peristiwa yang digambarkan dalam Wahyu sangat menakutkan. Ketika dipandang sebagai transkripsi harfiah tentang apa yang akan datang, mudah untuk melihat bagaimana rasa takut atau fobia yang serius dapat berkembang.

Gejala
Ketakutan pada angka 666 dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, tergantung pada tingkat keparahan fobia dan termasuk:

- Menolak untuk tinggal di rumah yang menyandang nomor jalan ini. Misalnya, mantan Presiden Ronald Reagan dan istrinya, Nancy, pindah ke Bel-Air, Los Angeles, mengikuti kepresidenannya. Mereka mengubah nomor jalan rumah mereka dari 666 menjadi 668.

- Menemukan diri Anda membuat keputusan kompulsif untuk secara sadar menghindari nomor terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya, jika total belanjaan adalah $ 6,66, Anda mungkin merasa harus menambah atau mengurangi item.

- Berkendara di sekitar lingkungan Anda untuk mengubah pembacaan odometer Anda dari 666 ke 667 sebelum Anda memarkir mobil Anda.

- Menjadi sangat gugup atau tidak nyaman jika 666 sering muncul, menarik koneksi antara peristiwa kebetulan.

Perawatan
Rasa takut pada angka 666 sangat umum, meskipun fobia sejati relatif jarang.
Kursus perawatan untuk hexakosioihexekontahexaphobia akan sangat tergantung pada tujuan Anda untuk perawatan.

Apakah Anda mencoba menyelesaikan pandangan agama yang saling bertentangan? Apakah Anda hanya ingin menghentikan perilaku yang disebabkan oleh fobia kompulsif?

Sumber : https://www.verywellmind.com/hexakosioihexekontahexaphobia-2671858

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet