Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Malas yang Membuatmu Suka Rebahan Seharian


Secara umum kita sering cenderung merasa malas untuk melakukan suatu hal yang tidak menjamin kepuasan batin atau tidak memiliki motivasi. Sebab hanya motivasi yang dapat membuat seseorang rela melakukan sesuatu sampai akhir tanpa peduli apapun.

Berikut adalah penyebab seseorang merasa malas, khususnya bagi Anda yang hobi rebahan seharian.

1. Menyakini Bahwa Semua Hal Bisa Ditunda

Kita semua tau, penundaan itu seperti hutang yang berbunga. Semakin lama ditunda maka semakin banyak bunga yang harus dibayar.
Begitu pula disaat kita menunda pekerjaan, ada yang harus kita bayar lebih mahal. Kita pun sangat tau bahwa waktu dalam sehari terbatas. Dalam 24 jam, kita memiliki 5-6 jam untuk menyelesaikan tugas dan sisanya kita bebas mau melakukan apa saja.

Disebabkan lebih banyaknya waktu luang untuk bersantai, kita berpikir bahwa tugas saat ini bisa digantikan dengan waktu luang nantinya.
Tetapi seringkali rencana mengerjakan tugas di waktu luang pun mendapatkan halangan. Dan akhirnya tugas tersebut ditunda lagi untuk keesokan harinya.

Penundaan seperti ini membuat segalanya menjadi sulit.

2. Gangguan Lingkungan atau Faktor Eksternal

Terkadang kita sudah berniat untuk menyelesaikan suatu tugas, tiba-tiba notifikasi email/pesan masuk atau telepon dapat mengalihkan kita.

Bahkan lebih dari itu, lingkungan yang bising juga bisa menggangu yang mengubah fokus kita saat bekerja. Dengan alasan tersebut, terkadang kita mengehentikan pekerjaan.

Saat gangguan dari luar datang, otak kita bekerja keras. Hal itu menyebabkan kita jadi mudah lelah. Setelah kita lelah maka mood juga akan berpengaruh. Setelahnya kita akan menjadi malas.

3. Menurun atau Hilangnya Motivasi Intrinsik

Saat kita tidak memiliki motivasi untuk mengejar sesuatu, ada saja alasan untuk tidak menyelesaikan pekerjaan. Penyebab menurunnya motivasi sangat bermacam-macam, seperti ketakutan, putus asa, kesedihan atau kepahitan.

Banyak hal di dunia ini yang bisa membuat kita berputus asa. Bahkan hanya dengan memikirkan bahwa bumi di lapisi oleh gas dan gumpalan api pun bisa saja membuat kita takut dan putus asa.

Namun seperti kata seseorang di masa lalu "Bahkan jika esok kiamat, aku akan tetap menanam pohon!"
Jika Anda marah dengan kondisi saat ini, maka balikkan keadaan. Sebab balas dendam terbaik yaitu melakukan yang terbaik!

4. Nutrisi Buruk

Tak dapat disangkal bahwa saat ini banyak sekali makanan-makanan yang tidak sehat yang mempengaruhi otak dan tubuh. Tentunya hal ini membuat kita mudah lelah, mudah stress hingga malas.

Ditambah lagi kita tidak mementingkan pola makan sehat dan teratur. Nah, gizi yang buruk membuat bahan bakar tubuh cepat habis.
Sebagai contoh, katakanlah kamu seorang penulis. Dengan gizi yang buruk, menulis satu halaman saja mungkin sudah membuat mu kelelahan. Setelah lelah langsung berisitirahat untuk kembali mengisi energi.

Pada akhirnya, kita hanya bisa menyelesaikan sedikit pekerjaan dalam sehari karena otak dan tubuh tidak berfungsi optimal.

5. Kurangnya Rasa Tanggung Jawab

Kurangnya rasa tanggung jawab cenderung membuat seseorang menjadi tidak disiplin.
Ada hal paling umum penyebab seseorang menjadi kurang bertanggung jawab.
Pertama, karena sesuatu yang akan dikerjakan terlalu berat. Kedua, karena seseorang merasa sudah cukup pintar, hebat atau kaya.

Contohnya, seseorang yang membayar orang lain untuk melakukan tugas yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri, seperti asisten rumah tangga, tukang kebun, driver dll.
Kita mungkin melihat segala sesuatu dari positifnya saja, tapi terkadang sangat penting juga untuk melihat dampak negatifnya.

Setiap manusia pasti pernah berkata "aku malas" tetapi mereka bukan benar-benar malas, tetapi ada alasan-alasan tertentu yang benar-benar menghalanginya.

Pemalas akan membuat alasan-alasan untuk menghindari tugasnya meskipun ia mampu.
Jadi janganlah menjadi orang pemalas karena malas akan tidak membuat orang sukses kedepannya.

Sumber:
Ashari Avisena, 2020. Ini Hal Yang Menyebabkan Malas Apa Kamu Salah Satunya
https://www,google,com/amp/s/bobo,grid,id/amp/082030294/ini-hal-yang-menyebabkan-malas-apa-kamu-melakukan-salah-satunya/. Diakses pada 17 Oktober 2020.

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet