Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merinding: Sisa-Sisa Evolusi Pada Tubuh Kita, Benarkah?


Yo kawan sekalian, kali ini saya akan membuat thread atau post soal Merinding, apa itu merinding, penyebabnya, dan apakah benar bahwa Merinding itu adalah sisa-sisa evolusi?. Simak aja yuk sekalian.

Merinding atau menggigil adalah kondisi dimana terjadi kontraksi pada otot yang merupakan reaksi atas hawa dingin atau udara dingin yang menyerang tubuh, khususnya bagi makhluk berdarah panas. Fungsinya adalah untuk menjaga suhu udara disekitar kulit untuk tetap hangat dengan menangkap udara tersebut menggunakan bulu halus di sekujur badan hasil dari kontraksi tadi dan memberikan gerakan / getaran kecil pada tubuh. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Shivering

Penyebab dari merinding sendiri juga bermacam macam, seperti:

1. Udara dingin
Ya tentu penyebab utama atau pasti dari merinding adalah kedinginan, seperti yang saya jelaskan tadi di atas bahwa merinding adalah reaksi tubuh terhadap hawa dingin, bukan sikap dingin dia terhadapmu.

2. Demam
Sebagian orang akan merasakan merinding atau menggigil saat mereka mengalami demam. Ini disebabkan karena ketika kamu mengalami demam titik (°) Hypothelamic akan naik, dan memaksa tubuh untuk menaikan suhunya (pyrexia). Tetapi akan tetap membuat kita merasa kedinginan sebelum tubuh mendapatkan titik suhu yang sesuai.

3. Rasa emosional (rasa takut, marah, terancam)
Pada dasarnya rasa takut adalah hasil dari evolusi, sedangkan merinding adalah sisa-sisa evolusi dari nenek moyang kita. Jaman purba dulu nenek moyang kita berbulu lebat, selain berfungsi untuk menjaga suhu tubuh, nenek moyang kita dahulu juga menggunakan merinding ini untuk mengembangkan bulu disaat mereka terancam, sehingga tubuh mereka akan terlihat lebih besar (berlaku juga untuk hewan berdarah panas lainnya.

Dan untuk manusia modern seperti kita yang sudah tidak berbulu lebat disekujur tubuh sebetulnya itu sudah tidak terlalu efektif lagi, tatapi reaksi ini belum hilang dan menjadi bukti bahwa merinding adalah sisa sisa evolusi. Reaksi yang lebih di kembangkan manusia modern adalah dengan tangan berair, menangis, dan jantung berdegup kencang.

Merinding juga bisa di sebabkan oleh pergulatan emosional lain seperti Cinta, dan Marah.

Nah kemarin juga ada yang tanya kaya gini

"Bang, kalo abis kencing terus nggigil itu kenapa? Normal ga?"

Ya normal normal aja si gua juga gitu, apalagi kalo abis keujanan, merinding pas kencing disebabkan karena saat kita kincing tubuh melepaskan temperatur panas melalui kencing tadi (makanya kencing anget), akibatnya suhu tubuh akan turun drastis dan ya reaksi tubuh pasti akan merinding atau menggigil untuk menjaga suhu tubuh kembali normal.

Udah cukup ya, kalo ada yang ditanyakan silahkan tulis dikomentar, asal jangan OOT.

Sc : https://pursuit.unimelb.edu.au/articles/goosebumps-can-give-us-more-than-the-shivers
Sc : https://www.healthline.com/health/pee-shivers#drop-in-temperature

📷 : https://whyevolutionistrue.wordpress.com/2010/01/27/vestigial-organ%E2%80%94goosebumps/

Yuk gabung group kami di aplikasi telegram
https://t.me/joblokernet